Sabtu, 19 Januari 2019

LATBER 3 SMK Menjelang LKS Wilker 3


Sebagai tindak lanjut pertemuan MGMP tanggal 15 Desember 2018 lalu, dimana anggota MGMP menyepakati adanya latihan bersama (latber) siswa 3 SMK anggota MGMP TGB Kota Malang menjelang LKS Wilayah Kerja 3 (Wilker 3) tanggal 15 januari 2019, maka dilaksanakanlah kegiatan latber ini secara bertahap. Tahap pertama latber telah dilaksanakan dengan lancar di SMKN 11 Malang tanggal 4 Januari 2019 dengan materi uji menggambar denah lantai 1 dan 2, menggambar 2 tampak rumah, dan menggambar potongan memanjang dan melintang dalam waktu 8 jam.
Latber kedua dilaksanakan di SMK Nasional Malang tanggal 11 Januari 2019 dengan materi detail pondasi, detail atap dan detail kuda-kuda serta detail kusen juga dalam waktu 8 jam. Sedangkan latber terakhir dilaksanakan di SMKN 6 Malang hari sabtu tanggal 12 januari 2019 dengan materi uji gambar 3 dimensi fasad, tampak man view, bird view dan portofolio spesifikasi teknis.

Tujuan dari latber ini ada empat, yang pertama memberikan latihan intensif kepada para siswa untuk meningkatkan kemampuan teknis menggambar menjelang LKS Wilker 3, kedua mengenal lawan dari sekolah lain yang belum dikenal untuk membiasakan mental terhadap partner bertanding yang baru, ketiga mengukur dan membandingkan kemampuan siswa dengan SMK lain dan keempat mengenal lokasi SMK lain untuk mempererat tali silaturahmi antar siswa kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan di Kota Malang.

Peserta latber ini berjumlah 6 siswa yang terdiri dari dua siswa SMK Nasional Malang atas nama Moch. Khafid dan M. Avin Syahroni, dua siswa SMKN 6 Malang atas nama Chandra Mukti Pratama dan Adi Prasetyo, serta dua siswa SMKN 11 Malang atas nama Muh. Amirul dan Yudis Adi Setiawan. Sedangkan Guru Pembimbing dari SMK Nasional, SMKN 6 Malang dan SMKN 11 Malang adalah Bp. Bayu Dwi R., S.Pd., Bp. Rudy Siswoyo, S.Pd dan Ibu Febri Yuni, S.Pd.


Biaya yang timbul akibat kegiatan ini dibagi menjadi dua, yang pertama ditanggung oleh kas MGMP terutama dari konsumsi yang disajikan untuk peserta dan pembimbing, dan biaya kedua adalah tanggungan sekolah masing-masing terhadap biaya transportasi. Akhir dari kegiatan ini MGMP merencanakan memberikan sertifikat pelatihan kepada para peserta sebagai bukti penghargaan kepada siswa dan bukti telah dilaksanakan kegiatan latber ini.

By: WIG

Dokumentasi dapat dilihat pada tautan ini.




0 komentar:

Posting Komentar

RSS Feed   Berlangganan Informasi melalui E-mail