Rabu, 19 Desember 2018

Pertemuan Penutup Akhir Tahun 2018


Hari Sabtu tanggal 15 Desember 2018 menjelang akhir tahun 2018 guru-guru yang tergabung dalam MGMP Teknik Gambar Bangunan SMK Kota Malang mengadakan pertemuan rutin setelah beberapa waktu belum bisa terlaksana karena ada satu dan lain hal. Pertemuan ini bertempat di SMKN 6 Malang tepatnya di Lab CAD 3 dengan jumlah peserta yang hadir 11 orang dari 17 orang anggota alias kurang lebih 65% anggota yang hadir. Pertemuan rutin ke-7 ini antara lain membahas (1) persiapan kesiapan KBM Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019, (2) Persiapan LKS Wilayah Kerja 3, dan (3) Penyusunan Naskah Soal USBN.

Namun sebelum membahas agenda tersebut, ada sedikit informasi tentang perubahan anggota dan pembina dalam MGMP yaitu adanya anggota masuk dan ada anggota yang keluar, anggota yang masuk adalah bapak Agus Mujiono SMKN 11 Malang dan anggota yang keluar karena mengikuti suami keluar kota adalah ibu Dyah Setyaningrum, namun begitu anggota MGMP masih tetap 17 orang. Sedangkan pembina MGMP TGB yang sebelumnya dijabat oleh Bapak Drs. Sidik Priyono Kepala SMKN 7 Malang, kini digantikan oleh Bapak Drs. Gunawan Dwiyono, M.Pd. Kepala SMKN 11 Malang.

Untuk pembahasan agenda pertama yaitu persiapan KBM Semester Genap antara lain (1) SKL-KI-KD, (2) Silabus, (3) RPP, (4) KKM yang tergabung dalam Buku Kerja 1 tetap diutamakan untuk diselesaikan walaupun banyak guru yang tergabung dalam MGMP TGB memiliki jadwal mengajar yang sama dengan Semester lalu, sehingga materi yang diajarkan tidak terlalu banyak berubah, tinggal modifikasi dan pengembangan materi yang perlu disesuaikan. Untuk pembahasan kedua yakni Persiapan LKS Wilayah Kerja (Wilker) 3. Informasi yang didapatkan adalah (1) Ketua LKS Wilker 3 adalah Bapak Didik Indratno, Kepala SMKN 1 Kepanjen, (2) LKS CAD Building bertempat di SMKN6 Malang pada tanggal 15-17 Januari 2019, (3) tanggal 5 januari 2019 pembahasan kisi-kisi soal, dan (4) Juri Utama berasal dari P4TK/VEDC ditambah 2 orang Juri Pendamping yang diambil dari Guru Asesor. Juri Pendamping diambil dari Wilker lain.

Peserta LKS CAD Building Wilker 3 yang mewakili Kota Malang adalah berasal dari SMKN 6 Malang dan SMK Nasional Malang dengan jumlah masing-masing peserta 1 orang. Sedangkan SMKN 11 Malang belum mengirimkan peserta karena terkendala status akreditasi yang belum diajukan mengingat belum meluluskan siswa TGB. Untuk mempersiapkan kandidat dari Kota Malang, MGMP mengagendakan latihan bersama 3 sekolah (SMKN 6 Malang, SMK Nasional, dan SMKN 11 Malang) yang masing-masing mengirimkan 2 peserta. Latihan pertama di SMKN 11 Malang tanggal 4 Januari 2019 Jam 08.00 sampai dengan 16.00 WIB, latihan kedua di SMK Nasional Malang tanggal 11 Januari 2019 dan latihan ketiga di SMKN 6 Malang tanggal 12 Januari 2019. Biaya latihan bersama ditanggung oleh kas MGMP.

Untuk agenda pertemuan ketiga yakni penyusunan Naskah soal USBN. Berbeda dengan tahun lalu yang memerlukan 3 paket soal, naskah soal tahun ini cukup dibuat satu paket dengan jumlah 40 butir soal, sedangkan soal-soal diambil dari bank soal serta dari guru-guru anggota MGMP sendiri lalu dibahas bersama-sama keterbacaannya. Pertemuan ini diakhiri dengan pembayaran iuran rutin, makan bersama dan penetapan pertemuan selanjutnya yakni di SMKN 11 Malang 23 Februari 2019.

Dokumentasi dapat dilihat pada tautan ini.
By: WIG



0 komentar:

Posting Komentar

RSS Feed   Berlangganan Informasi melalui E-mail