Selasa, 20 Agustus 2019

Pertemuan MGMP Awal Tahun Ajaran Baru 2019/2020


      Hari Jumat tanggal 9 Agustus 2019 yang masih merupakan awal tahun pelajaran 2019/2020, guru-guru yang tergabung dalam MGMP Teknik Gambar Bangunan SMK Kota Malang mengadakan pertemuan rutin setelah beberapa waktu belum bisa terlaksana karena ada satu dan lain hal. Pertemuan ini bertempat di SMKN 11 Malang tepatnya di Lab Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan dengan jumlah peserta yang hadir 14 orang dari 18 orang anggota alias kurang lebih 78% anggota yang hadir. Pertemuan rutin ke-8 ini antara lain membahas (1) Kesiapan KBM semester ganjil, (2) Persiapan IHT 2019, dan (3) Informasi-informasi lainnya.


      Namun sebelum membahas agenda tersebut, ada sedikit informasi tentang perubahan anggota MGMP yaitu adanya anggota masuk dan ada anggota yang keluar, anggota yang masuk adalah Ibu Sinnuya Risma Yuchriva, S.Pd dan Ibu Fadila Fitria Wulandari, S.Pd dari SMKN 6 Malang dan Bapak Nur Kholis dari SMKN 11 Malang. Sedangkan anggota yang keluar karena mengikuti pekerjaan baru adalah Bapak Agus Mujiono, S.Pd., sehingga anggota MGMP sekarang berjumlah 18 orang dari sebelumnya 17 orang. Pembina MGMP TGB Kota Malang masih tetap dijabat Bapak Drs. Gunawan Dwiyono, S.ST., M.Pd. Kepala SMKN 11 Malang.
Sebelum pembahasan agenda pertama, kegiatan didahului dengan perkenalan dari 3 orang anggota baru. Berikutnya kisah inspiratif dari ketua MGMP TGB Kota Malang yaitu Bapak Drs. Suryanto, M.Pd. yang memenangkan lomba guru berprestasi tingkat Kota Malang dan lanjut menjadi wakil Kota Malang ke tingkat Provinsi Jawa Timur.


      Pembahasan agenda pertama yaitu persiapan KBM semester ganjil antara lain (1) SKL-KI-KD, (2) Silabus, (3) RPP, (4) KKM yang tergabung dalam buku kerja 1 tetap diutamakan untuk diselesaikan walaupun banyak guru yang tergabung dalam MGMP memiliki jadwal mengajar yang sama dengan semester lalu, sehingga materi yang diajarkan tidak terlalu banyak berubah, tinggal modifikasi dan pengembangan materi yang perlu disesuaikan.


      Untuk pembahasan kedua yakni Persiapan IHT 2019 yang disepakati mengangkat aplikasi menggambar Twinmotion 2019. IHT ini direncanakan dimulai tanggal 24 Agustus 2019 dan dilanjutkan tgl 31 Agustus dan 1 September 2019 dengan metode In-On-In dengan durasi total 30 jam.


      Agenda akhir pertemuan ini adalah kordinasi tentang pelaksanaan pembuatan jaket MGMP yang dikoordinir oleh bidang sarpras Bapak Chairur Razikin, S.Pd., baik pembicaraan tentang desain dan biayanya. Disepakati dalam pembuatan jaket ini sepertiga biayanya disubsidi oleh kas MGMP. 

By: Wig




1 komentar:

  1. mari pak/ibu guru, kita gabung di Grup MGMP Guru Bangunan nasional https://chat.whatsapp.com/BxfZJtfolwV3vfp20ZSSrQ

    BalasHapus

RSS Feed   Berlangganan Informasi melalui E-mail