Minggu, 18 Maret 2018

Semangat Berbagi dari SMK Negeri 2 Probolinggo

Kerjasama antar Guru sudah terhubung semakin luas, apalagi diera informasi global seperti sekarang ini. Demikian pula Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Teknik Gambar Bangunan (TGB) yang sudah menjalin dengan MGMP TGB lain di berbagai kota. Namun kali ini ada pembeda yang sangat spesial dimana ada bantuan yang sangat luar biasa dari SMK Negeri 2 Probolinggo terhadap MGMP TGB Kota Malang. Bantuan tersebut adalah berupa soft file Silabus, RPP dan perangkat pembelajaran lainnya.
Daftar Dokumen


Sebagaimana diketahui RPP adalah pekerjaan rutin guru yang harus dikerjakan sebelum guru mengajar, karena di dalam RPP tercantum (1) Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang akan diajarkan pada siswa, (2) Indikator keberhasilan guru setelah mengajar, (3) Tujuan Pembelajaran, (4) Materi yang akan diajarkan, (5) Strategi/Model/Pendekatan, dan Langkah-langkah Pembelajaran saat pelaksanaan pembelajaran, (6) Sarana/Media/Alat yang dibutuhkan saat mengajar, dan (7) Sumber Belajar, serta (8) Teknik Penilaian. Namun guru yang pada umumnya memiliki RPP yang sudah berada di kepala, memiliki kerumitan tersendiri saat menuangkan dalam tulisan, sehingga karya intelektual dari Guru-guru TGB/DPIB SMK Negeri 2 Probolinggo ini sangat membantu sebagai rujukan saat menyusun RPP di awal semester.

Preview RPP



Bantuan soft file RPP ini bukan berarti fasilitas yang akan disalahgunakan bagi guru lain untuk tidak membuat RPP. Bantuan RPP ini cenderung lebih bersifat karya referensi, sebab masing-masing guru akan memiliki RPP yang berbeda. Meskipun mengajar pada kompetensi dasar dan materi yang sama. Guru akan sangat berbeda pola mengajarnya saat  berhadapan pada strategi pembelaran, kondisi siswa di kelas, soal-soal evaluasi dalam penilaian, sarana yang dimiliki masing-masing sekolah dan pengembangan materi. Kemampuan guru-pun juga berbeda berdasarkan pengalaman mengajar, diklat yang pernah diikuti dan sumber belajar yang pernah dipelajari, sehingga untuk para guru yang sudah mengunduh file RPP dari SMK Negeri 2 Kota Probolinggo ini tidak lupa untuk menyesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Untuk download, silahkan klik tautan yang berada di halaman "Karya Guru".


Akhir kata, kami sangat berterimakasih atas kerjasama dan semangat berbagi dari SMK Negeri 2 Probolinggo ini dan berharap akan ada Guru-guru lain yang mengikuti semangat berbagi ini, semoga Allah mencatat keikhlasan ini sebagai timbunan pundi-pundi amal pahala untuk bekal esok hari. Terimakasih.

By : WIG



2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum .. mohon maaf bapak dan ibu semua, saya kesulitan mendapatkan silabus estimasi biaya konstruksi kelas 11, dan yang saya punya (hasil browsing) hanya kelas 12. Barangkali bapak dan ibu ada yang berkenan membantu saya, saya ucapkan terima kasih... ini link e-mail saya immawanarham46@guru.smk.belajar.id atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  2. Bet on soccer tips, statistics and odds - KT Hub
    Bet on soccer tips, statistics and odds - Find 계룡 출장마사지 Bet on soccer tips, statistics 천안 출장샵 and odds - 의왕 출장마사지 Find Bet on soccer tips, statistics 시흥 출장마사지 and odds 김제 출장안마 - Find Bet on soccer tips

    BalasHapus

RSS Feed   Berlangganan Informasi melalui E-mail