Minggu, 16 September 2018

Pelaksanaan Diklat MS-Project dari FT UM


Hari Sabtu tanggal 11 Agustus 2018, Dosen-dosen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang mengundang Guru-guru Bangunan SMK dan Praktisi untuk menghadiri kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Gedung D9 Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang mulai jam 09.00 - 16.00 WIB. Pengabdian Masyarakat ini berupa diklat yang mengambil tema “Pengelolaan Proyek Menggunakan Microsoft Project”. Pelaksanaan kegiatan ini cukup lancar dan dirasa sangat bermanfaat karena peserta yang terdiri dari Guru-guru Bangunan se-Kota dan Kabupaten Malang dan Praktisi Industri sangat diuntungkan terutama dalam menambah pengetahuan dan keterampilan dibidang penjadwalan proyek.


Microsoft Project merupakan software administrasi proyek yang digunakan untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, pengawasan dan pelaporan data dari suatu proyek. Kemudahan penggunaan dan keleluasaan lembar kerja serta cakupan unsur-unsur proyek menjadikan software ini sangat mendukung proses administrasi sebuah proyek.
Microsoft Project memberikan unsur-unsur manajeman proyek yang sempurna dengan memadukan kemudahan penggunaan, kemampuan, dan fleksibilitas sehingga penggunanya dapat mengatur proyek secara lebih efisien dan efektif. Pengguna akan mendapatkan informasi, mengendalikan pekerjaan proyek, jadwal, laporan keuangan, serta mengendalikan kekompakan tim proyek. Pengguna Ms-Project juga akan lebih produktif saat mengintegrasikan dengan program-program Microsoft Office yang lain untuk membuat pelaporan yang kuat, perencanaan yang terkendali dengan sarana tersebut.


Para dosen Teknik Sipil FT UM yang membimbing kegiatan ini antara lain Drs. Suparno, S.T., M.T., Drs. Made Wena M.Pd., M.T., Drs. Sugianto, S.T., M.T., dan Musthafa Al Anshari, S.Pd., M.Pd. sedangkan jumlah peserta kegiatan ini 25 orang terdiri dari Guru dan Praktisi. Semua peserta melalui 2 materi yang sama yakni  (1) presentasi konsep dan penjadwalan yang bertempat di ruang kuliah, dan (2) implementasi Microsoft Project dalam perencanaan penjadwalan yang bertempat di Lab. komputer Jurusan Teknik Sipil UM. Sedangkan diakhir pelatihan, tugas peserta adalah mengerjakan soal penjadwalan proyek dengan penggunakan aplikasi perangkat lunak Microsoft Project.


 


By: WIG, RIXS



0 komentar:

Posting Komentar

RSS Feed   Berlangganan Informasi melalui E-mail