Kamis, 31 Mei 2018

Pelaksanaan IHT PTK dengan Narasumber dari UM


Syukur Alhamdulillah MGMP TGB SMK Kota Malang mendapat hibah bantuan kegiatan pengabdian masyarakat dari Universitas Negeri Malang (UM) berupa kegiatan IHT Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada kegiatan ini yang menjadi narasumber adalah Bapak Dr. Tri Kuncoro, S.T., M.Pd. dan Bapak Drs. Wahyo Hendarto Yoh, M.T. dari Fakultas Teknik UM. Sesuai yang disampaikan narasumber, secara umum tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah sebagai sarana pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kompetensi masyarakat sehingga menjadi sumber daya pembangunan yang lebih mandiri produktif dan kreatif. Sedangkan secara khusus pengabdian masyarakat yang mengangkat kegiatan IHT PTK sebagai fokusnya adalah agar guru-guru SMK yang tergabung dalam MGMP TGB SMK Kota Malang dapat melakukan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas untuk membantu dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan kemampuan dalam pelaporan tata tulis, menghindari plagiasi dalam penulisan, mengeksplorasi rujukan melalui jurnal ilmiah, dan sebagai bagian dari pengembangan keprofesian berkelanjutan.


Kegiatan ini bertempat di ruang gallery SMK Nasional Malang hari jumat tanggal 11 Mei 2018 mulai jam 13.00 sampai dengan 16.00 WIB. Sedangkan pendanaan kegiatan berasal dari program pengabdian masyarakat UM.


Materi yang diberikan dalam kegiatan IHT PTK ini adalah (1) cara mengangkat masalah untuk PTK, (2) pembuatan judul PTK, (3) pembuatan latar belakang PTK, (3) cara membuat tujuan dan rumusan masalah, (4) cara merujuk untuk menghindari plagiasi, (5) membuat daftar pustaka, (6) cara mencari jurnal ilmiah luar negeri untuk rujukan, (6) cara menterjemahkan tulisan berbahasa Inggris dengan fasilitas review translate, (7) metode penelitian dan siklus dalam PTK, (8) pembahasan hasil temuan, (9) cara membuat kesimpulan dan saran, dan (10) cara membuat abstrak. Selain itu narasumber juga memberikan beberapa contoh judul dan hasil PTK dari beberapa guru yang sudah dijurnalkan, sebagai rujukan dan motivasi bagi para peserta IHT, narasumber juga memberikan beberapa hal-hal yang diperlukan sebagai pedoman agar PTK disetujui.


Output dari kegiatan IHT PTK ini adalah dihasilkannya karya tulis ilmiah berupa PTK yang dilakukan dan dikonsultasikan secara efektif dan efisien sehingga sebelum akhir semester usai, laporan PTK ini sudah layak ditampilkan. Oleh karena itu diakhir acara narasumber mengingatkan untuk terus berkonsultasi yang bisa dilakukan jarak jauh melaui email agar peserta benar-benar bisa menghasilkan karya PTK yang bermutu sesuai standar.

By: WIG



0 komentar:

Posting Komentar

RSS Feed   Berlangganan Informasi melalui E-mail