Selasa, 24 April 2018

IHT 3D Modeling Sketchup In Kedua Semakin Menarik


Kegiatan IHT tahap kedua ini berjalan semakin menarik, karena setelah dalam kesempatan pertemuan pertama peserta dibuat takjub dengan fitur-fitur mudah namun powerful dari Sketchup dalam menggambar 3 Dimensi, kali ini instruktur kita yang luar biasa Bpk. Yoyok Rahayu Basuki, S.Pd dari SMK Nasional memfasilitasi peserta dengan belajar tingkat lanjut yakni Rendering dengan Vray. 

Berbagai fitur rendering dengan Vray ini semakin membuat modeling gambar bangunan 3 Dimensi menjadi tampak nyata. Fitur rendering dengan Vray ini sudah disiapkan dengan baik oleh instruktur dalam paket materi bahan ajar yang sudah berbentuk buku PDF 32 halaman dengan judul Modul Vray for Sketch Up 2015. Dalam buku ini peserta In House Training mendapatkan pembelajaran tutorial dalam 14 bab yang antara lain tentang; (1) Pewarnaan Dengan Vray, (2) Membuat Transparansi, (3) Memberi Refraksi, (4) Memberi Refleksi, (5) Membuat Refleksi/Pantulan Penuh (Cermin), (6) Memberi Bump, (7) Membuat Effek Air, (8) Memberi Latar Belakang (Background), (9) Memberi Lampu/Suasana Malam, (10) Membuat Rectangular Light, (11) Membuat Benda Menjadi Bercahaya/TV, (12) Menggunakan Cahaya IES, (13) Menggunakan Vismat, dan (14) Menggunakan HDRI Background. 
 
Modul Pelatihan V-ray for SketchUp

Hasil yang diperoleh dari pertemuan in kedua di Lab CAD 3 SMKN 6 Malang Sabtu 21 April 2018 ini ternyata semakin membuat peserta antusias dalam belajar, terbukti peserta hingga lupa waktu yang seharusnya acara sejak pagi dimulai jam 07.00 sampai berakhir jam 15.00, namun sampai jam 16.00 peserta masih ada yang bertahan dikelas sehingga perlu diingatkan bahwa masih ada pertemuan On 2 untuk melanjutkan penyelesiaian tugas, selain itu juga memberikan waktu kepada rekan-rekan guru dari luar kota untuk berkemas agar tidak kemalaman dijalan. Tugas kali ini mendesain bentuk 3 dimensi rumah sederhana dengan ukuran yang sudah ditentukan beserta rendering Vray seperti yang diajarkan. Sedang batas pengumpulan tugas yakni sebelum IHT In ketiga di SMKN 11 Malang hari Sabtu tanggal 28 April 2018. 


Seperti pertemuan IHT pertama lalu selain dari SMK Kota Malang, IHT ini juga dihadiri dari SMK 2 Pamekasan dan SMK Raden Patah Mojokerto, sehingga kegiatan IHT MGMP terkesan lebih hidup dan mendapat dukungan lebih luas. Pendanaan kegiatan ini murni dari iuran para guru anggota MGMP dan peserta IHT luar kota. Sedangkan tujuan kegiatan ini tak lain dan tak bukan adalah agar guru-guru TGB semakin kompeten dibidangnya dan selalu update teknologi menggambar terbaru agar para siswa yang diajar juga tetap bisa match dengan dunia usaha dan dunia industri apabila sudah terjun kedunia kerja.

Dokumentasi dapat dilihat pada tautan ini.

Catatan: 
Modul dapat didownload di Menu Karya Guru
By: WIG



0 komentar:

Posting Komentar

RSS Feed   Berlangganan Informasi melalui E-mail