Jumat, 16 Maret 2018

Modul Bimtek dan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan Revisi Tahun 2018

Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia, telah mendorong banyak pihak melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan semangat yang dikandung dalam Inpres tersebut, yaitu meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan pada SMK agar benar-benar menghasilkan lulusan yang berkualitas seperti yang diharapkan. Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter semakin mempertegas tentang karakteristik sumber daya manusia yang ingin dihasilkan melalui sistem pendidikan, khususnya bagi SMK yang lulusannya terutama disiapkan untuk memasuki dunia kerja. 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen) sebagai pihak yang paling bertanggung-jawab terhadap penyelenggaraan pendidikan pada SMK, merespon Inpres tersebut antara lain dengan menerbitkan:

  1. Keputusan Dirjen Dikdasmen Nomor 4678/D/KEP/MK/2016 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK), 
  2. Keputusan Dirjen Dikdasmen Nomor 130/D/KEP/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum SMK
  3. Keputusan Dirjen Dikdasmen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran pada SMK.
Keputusan-keputusan tersebut mulai diberlakukan pada awal tahun pelajaran 2017/2018 dan biasa disebut sebagai Kurikulum 2013 SMK Hasil Revisi.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan telah selesai melaksanakan revisi Modul Bimbingan Teknis dan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 SMK Hasil Revisi. Modul hasil revisi ini tentu disesuaikan dengan perubahan-perubahan yang ada pada Kurikulum 2013 SMK Hasil Revisi, baik yang terkait dengan adanya perubahan substansi materi kurikulum maupun karena adanya perubahan rangcang-bangun kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter, Kecakapan Berfikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS), dan kecakapan abad 21.
Modul Bimtek dan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 SMK Hasil Revisi ini telah dirancang dengan menjadikan nilai-nilai karakter sebagai bagian yang tidak terpisahkan, mewarnai aspek-aspek pengembangan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil belajar, bahkan masuk dalam pertimbangan dalam memilih tempat dan memrogramkan Praktik Kerja Lapangan (PKL) peserta didik.
Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
Dr. Ir. M. Bakrun, MM

Daftar Modul:
01-Spektrum Keahlian
02-Analisis Dokumen SKL, KI dan KD
03-Penyusunan Silabus
04-Analisis Materi Pembelajaran
05-Analisis Penerapan Model Pembelajaran
06-Perancangan RPP
07-Praktik Pembelajaran
08-Analisis Penilaian Hasil Belajar
09-Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar
10-Praktik Kerja Lapangan

Preview Modul :
01-Spektrum Keahlian

02-Analisis Dokumen SKL, KI dan KD

03-Penyusunan Silabus

04-Analisis Materi Pembelajaran

05-Analisis Penerapan Model Pembelajaran

06-Perancangan RPP

07-Praktik Pembelajaran

08-Analisis Penilaian Hasil Belajar

09-Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar

10-Praktik Kerja Lapangan




3 komentar:

  1. Sip... sukses selalu teman-teman update terus...
    MGMP Kota Malang Jaya Selalu....
    Terimakasih Pak Erik....

    BalasHapus
  2. LORONG KATA atau Lorong Kata adalah salah satu website yang dirancang oleh beberapa aktivis dan mahasiswa untuk menuangkan ide-ide publik dalam bentuk fiksi maupun semi-fiksi. Baik dalam konteks sosial, ekonomi, politik, dan olahraga maupun budaya. Asuransi Kendaraan MSIG

    BalasHapus

RSS Feed   Berlangganan Informasi melalui E-mail